Rabu, 28 Desember 2011

Rumah Ramah Lingkungan Siap Hijaukan Pantai Indrayanti

Rumah ilalang berbentuk segi enam dibangun di Pantai Indrayanti, Gunung Kidul, Yogyakarta, untuk meningkatkan program penghijauan di kawasan pantai selatan.
Ratna Indrayanti sebagai Pengelola Pantai mengatakan, konsep rumah ilalang ini baru pertama kali dilakukan khususnya di kawasan pantai Selatan. Selain mendukung program penghijauan, rumah ini juga didesain khusus untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung saat menikmati pemandangan.
Rumah ini dapat dihuni kurang lebih 5 sampai 8 orang dan bisa digeser kemana pun mengikuti selera pengunjung. "Rencananya, akan ada 4 rumah yang dibangun dan akan dipasang di pinggir pantai," papar Ratna ketika ditemui di Pantai Indrayanti,beberapa pekan lalu.
Selain rumah berkonsep ramah lingkungan, lanjutnya, tanaman pandan tengah gencar ditanam untuk program penghijauan pantai. Tanaman ini adalah jenis tanaman yang mampu bertahan di pinggir pantai dan mampu mencegah abrasi.
Sementara itu, ketika disinggung tentang pengelolaan pantai di kawasan selatan, Ratna mengaku masih banyak yang belum terkelola dengan baik. Masih banyak sampah menumpuk di pantai serta sedikitnya pohon hijau di kawasan pantai.
Padahal, penghijauan pantai perlu digarap serius dalam rangka menyelamatkan pantai dari abrasi yang saat ini masih sering terjadi. "Pemkab perlu serius menangani penghijauan di kawasan pantai. Tak hanya penghijauan,fasilitas seperti rambu-rambu, air bersih, serta listrik juga perlu diperhatikan," kata Ratna.
Dirinya menambahkan pantai di kawasan selatan banyak mulai dilirik asing karena sangat potensial untuk dikembangkan. Bupati Bantul, Sri Surya Widati menjelaskan, pemerintah setempat akan menggarap serius program penghijauan di kawasan pantai Selatan dan upaya untuk mencegah abrasi. Sejumlah dana pun siap diluncurkan untuk pengembangan program tersebut.
Oleh Olivia Lewi Pramesti

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentarnya dong...