Minggu, 18 Desember 2011

Contoh Laporan PKP Universitas Terbuka

LAPORAN
PEMANTAPAN KEMAMPUAN PROFESIONAL


MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK KB SC2 MENARA
Disusun oleh :
ANDI DAHLIA
NIM  : 820867367



PROGRAM STUDI
PENDIDIKAN GURU ANAK USIA DINI
UNIVERSITAS TERBUKA
UPBJJ PAREPARE
2011




LEMBAR PENGESAHAN
MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK KB SC2 MENARA

 Diajukan guna memenuhi persratan untuk memperoleh gelar sarjana pendidikan pada universitas terbuka S1 PG PAUD serta telah diperiksa dan disetujui pada tanggal 5 Desember 2011.







Menyetujui
Pembimbing / Supervisor




(Dra.Hj. P. JOHARTINI, M.Pd.)
NIP. 19660131 198903 2 008
Parepare, 5 Desember 2011

Mahasiswa





( ANDI DAHLIA )
NIM  : 820867367



MOTTO

Ø  Hidup adalah sebuah perjuangan.
Ø  Pengalaman adalah guru yang terbaik.
Ø  Jadikan hidupmu suatu pelajaran, janganlah kau anggap sebagai beban.
Ø  Pendidikan adalah perhiasan diwaktu senang dan tempat berlindung di waktu susah.
Ø  Tiada kekal kehidupan di dunia ini, maka perbanyaklah waktu untuk beribadah.



KATA PENGANTAR

Puji syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, serta hidayah-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas berupa Laporan Pemantapan Kemampuan Profesional (PKP) pada anak di Kelompok Bermain SC2 Menara, Kecamatan Soreang, Kota Parepare.
Laporan ini dibuat untuk dapat memenuhi salah satu tugas dalam mata kuliah Pemantapan Kemampuan Profesional.
Program S1 PG PAUD ini tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan dari berbagai pihak. Maka pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :
Ø  Tutor Mata kuliah Pemantapan Profesional POKJAR Parepare UPBJJ Makassar, Universitas Terbuka.
Ø  Dra.Hj. P. Johartini, M.Pd. selaku Pembimbing / Supervisor.
Ø  Pengelola POKJAR
Ø  Andi Darmawaty selaku Kepala Pengelola SC2 Menara
Ø  Yufriani. S, AMa, Pd TK. selaku teman sejawat saya dalam menyelesaikan laporan ini.
Ø  Bapak, Ibu serta kakak-kakakku tercinta.
Ø  Semua pihak kami tidak menyebutkan satu-persatu.
Kami berharap semoga semua ibadahnya diterima Allah SWT dan selalu mendapatkan Ridho_Nya.
Kami menyadari sepenuh hati bahwa laporan ini masih terdapat banyak kekurangan, maka saran yang membangun sangat kami harapkan. Akhir kata semoga laporan ini bermanfaat dan diterima.

Parepare, 5 Desember 2011

                                                                                                                           Penulis



DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL...............................................................................................       
LEMBAR PENGESAHAN.....................................................................................       
MOTTO ...................................................................................................................       
KATA PENGANTAR.............................................................................................       
DAFTAR ISI............................................................................................................       
BAB I      PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah.....................................................................................       
B.     Rumusan Masalah...............................................................................................       
C.     Tujuan Perbaikan ...............................................................................................       
D.    Manfaat Perbaikan..............................................................................................       
BAB II     KAJIAN PUSTAKA
A.    Kemampuan Kognitif.........................................................................................       
B.     Implikasi Perkembangan Kognitif dengan Kecerdasan Logika Berhitung........       
C.     Bermain                                                                                                              
D.    Puzzle      
E.     Kerangka Berpikir...............................................................................................       
BAB III   PELAKSANAAN PERBAIKAN
A.    Subyek Penelitian...............................................................................................       
B.     Prosedur Penelitian.............................................................................................       
C.     Deskripsi Per Siklus............................................................................................             
BAB IV   HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A.    Deskripsi Per Siklus............................................................................................       
B.     Pembahasan dari setiap Siklus............................................................................       
BAB V     KESIMPULAN DAN SARAN
A.    Kesimpulan.........................................................................................................       
B.     Saran       
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN-LAMPIRAN


BAB I
PENDAHULUAN


A.    Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan proses penyesuaian diri secara timbal balik (memberi dan menerima pengetahuan). Sasaran tugas dan fungsi pendidikan adalah manusia yang senantiasa tumbuh dan berkembang mulai dari periode kandungan ibu sampai meninggal dunia. Oleh karena itu, fungsi pendidikan adalah menyediakan fasilitas yang dapat memungkinkan tugas pendidikan berjalan lancar dan mempersiapkan peserta didik untuk dapat hidup di kelak kemudian hari dan sebagai sumber peraturan yang akan digunakan sebagai pegangan hidup dan pegangan langkah pelaksanaan oleh tenaga pendidik. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)) merupakan proses interaksi antara pendidik (orang tua, pengasuh, guru) dengan anak usia dini secara terencana untuk mencapai suatu tujuan.
Pendidikan Taman Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk pendidikan pra sekolah yang terdapat di jalur pendidikan sekolah (PP No.27 Tahun 1990). Sebagai lembaga pendidikan pra sekolah, tugas utama TK adalah mempersiapkan anak dengan memperkenalkan berbagai pengetahuan, sikap perilaku, keterampilan dan intelektual agar dapat melakukan adaptasi dengan kegiatan belajar yang sesungguhnya di sekolah dasar.
Tujuan pendidikan Taman Kanak-kanak adalah membantu meletakkan dasar ke arah perkembangan sikap, pengetahuan, keterampilan dan daya cipta yang diperlukan oleh anak didik dalam menyesuaikan diri dengan lingkungannya dan untuk pertumbuhan serta perkembangan selanjutnya (Depdikbud, 1998 : 2). Untuk mencapai tujuan semua itu, perlu perhatian khusus terutama pendidikan sejak dini yaitu sebuah pendidikan di taman kanak-kanak yang dapat menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar sesuai dengan kurikulum yang berlaku agar anak dapat mengembangkan seluruh kemampuan yang dimilikinya sesuai dengan tahap perkembangannya.
Masa kanak-kanak merupakan masa golden age (usia emas). Pada masa ini pertumbuhan dan perkembangan anak akan berkembang secara pesat dan optimal. Oleh karena itu peran orang tua dan guru sangat penting dalam membantu mengembangkan potensi-potensi yang ada pada diri anak.
Menurut J. Piaget dalam Yuliani Nurani Sujiono (2004 : 3.4) menyatakan bahwa perkembangan kognitif anak usia dini berada pada tahapan praoperasional yaitu anak menggunakan simbol dan penyusunan tanggapan internal. Pada masa ini anak masih berada pada tahap belajar sambil bermain (Learning By Doing). Sesuai dengan prinsip belajar di TK yaitu belajar seraya bermain.
Berdasarkan pengamatan terhadap kegiatan pengembangan kognitif di TK Kelompok B ditemukan masalah yang berkaitan dengan kemampuan anak dalam menghitung angka 1-10 dengan benda-benda/puzzle yang tersedia di sekolah dan di alam sekitar kehidupan anak. Hal ini ditandai adanya beberapa kondisi yaitu : a). anak cenderung dapat menyebutkan bilangan namun tidak tahu jumlah bendanya, dari 20 anak hanya ada 5 anak (25%) saja yang mampu menyebutkan nama bilangan sesuai dengan bendanya, b). anak belum terbiasa menggunakan benda di sekolah yang tersedia seperti puzzle untuk sarana atau media berhitung, c). anak kurang berkonsentrasi, lebih cenderung bersendau gurau sendiri dengan temannya, jika guru sedang menjelaskan, d). anak masih sering keliru atau terbalik dalam menuliskan angka, e). dari 20 anak hanya 50% saja yang dapat menyebutkan angka dan menuliskannya dengan benar.
Pada umumnya anak kesulitan dalam memecahkan soal berhitung. Hal ini disebabkan siswa terlebih dahulu merasa ketakutan terhadap kegiatan berhitung. Selain itu anak kurang berminat terhadap berhitung karena kemampuan intelegensinya tidak mampu untuk memecahkan soal-soal berhitung. Oleh karena itu mereka sering mencari kesibukan sendiri dan suka ramai dengan temannya, jika guru menjelaskan di depan kelas.
Mengingat masalah di atas, apabila tidak segera diatasi dan diselesaikan akan berakibat munculnya masalah-masalah baru seperti anak akan semakin kesulitan menerima materi berikutnya dan anak kurang menyenangi pelajaran berhitung. Sehubungan dengan itu penulis ingin memecahkan permasalahan yang terjadi dengan metode belajar sambil bermain puzzle. Dengan bermain puzzle diharapkan tingkat kemampuan anak akan meningkat dan akhirnya anak akan menyukai pelajaran berhitung.

B.     Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian pada latar belakang masalah di atas, maka masalah dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut :
“Apakah dengan bermain puzzle dapat meningkatkan kognitif anak dalam berhitung 1-10 pada anak KB SC2 Menara, Kecamatan Soreang, Kotamadya Parepare Tahun Pelajaran 2011/2012”



C.    Tujuan Perbaikan
Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan perbaikan pembelajaran dalam penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan kognitif anak KB SC2 Menara dalam berhitung 1-10 melalui metode bermain puzzle di KB SC2 Menara, Kecamatan Soreang, Kotamadya Parepare Tahun Pelajaran 2011/2012.

D.    Manfaat Perbaikan
Perbaikan pembelajaran ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut :
1.      Anak KB SC2 Menara dapat berhitung 1-10 melalui media bermain puzzle yang menyenangkan dan bermakna, sehingga dapat menumbuhkan minat anak dalam berhitung sambil bermain sesuai dengan kebutuhan anak.
2.      Anak dapat termotivasi dalam belajar di bidang pengembangan kognitif.
3.      Kemampuan anak dalam berhitung dengan bermain puzzle dapat meningkat.
4.      Bagi guru dapat menambah wawasan tentang stimulasi yang tepat dalam merangsang perkembangan kognitif anak dan berhitung 1-10 melalui metode bermain puzzle yang bervariatif.
5.      Bagi orang tua agar dapat memfasilitasi dan memotivasi anak dalam berhitung dari 1-10 melalui media bermain puzzle yang bervariatif.

 Selengkapnya Sms ke No. 082320006688
Terimakasih 

Baca pula:

42 komentar:

  1. gmna cara lihat smbungan laporan PKP Paud yg "MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK MELALUI BERMAIN PUZZLE PADA ANAK KB SC2 MENARA" itu gan?

    BalasHapus
  2. Selengkapnya Sms ke No. 085299102809 berisi alamat email Anda.
    Terimakasih

    BalasHapus
  3. coba kirim ke endibio@gmail.com

    terima kasih

    BalasHapus
  4. Tlg Laporan PKP PAUD yg lengkap Gan !

    BalasHapus
  5. gan bisa minta kirim PKP yang sudah jadi...
    nyari2 di internet gak ada yang lengkap gan....... pusing..
    ahiryasin@yahoo.com

    BalasHapus
  6. Admin:Selengkapnya Sms ke No. 085299102809 berisi alamat email Anda.
    Terimakasih

    BalasHapus
  7. gan bisa minta sambungan PKP yang lengkap gak??
    email :zelliyaputrie@yahoo.co.id trims

    BalasHapus
  8. gan kirim pkp paud yang lengkap ke ucupnii@gmail.com trims gan

    BalasHapus
  9. mantap gan,bleh ngga mnta file lngkapx...mksih bnget gan...

    BalasHapus
  10. krisnadwipayana180292@gmail.com

    BalasHapus
  11. minta kelanjutanya dunk untuk dikirim ke email saya faiqsaidah@gmail.com

    BalasHapus
  12. terimakasih sebelumnya ni bro. minta tlg kirim kelanjutan lap. pkp nya. e-mail : reza.arlyn@gmail.com. maaf lahir batin sebelumnya...

    BalasHapus
  13. Ass minta file lengkapnya, Fluawo@yahoo.com

    BalasHapus
  14. Kak Azwan,tolong minta sambungan bab 1 laporan PKP dan tolong kirim ke email saya li2mardiana@yahoo.co.id

    BalasHapus
  15. Kak Azwan,tolong minta sambungan bab 1 laporan PKP dan tolong kirim ke email saya nadhifo@gmail.com

    BalasHapus
  16. minta ambungan pkp ini email ku zulatipah@gmail.com

    BalasHapus
  17. gan bisa minta sambungan PKP yang lengkap gak??
    try.wiedodo@gmail.com

    BalasHapus
  18. Mohon bantuannya untuk contoh yg lengkap, dapat d kirimkan ke emai udinajay29@yahoo.com. terimakasih.

    BalasHapus
  19. minta tolong dkrim laporan pkp tk nya pak ke email: sakinahsaidah@yahoo.co.id atau ke kusmayadi@gmail.com

    BalasHapus
  20. mohon bantuannya ke maon.hadi@gmail.com, terimakasih...

    BalasHapus
  21. PAK BISA MINTA TOLONG DIKIRIMKAN LAPORAN PKP INI gmail saya jeniatiut@gmail.com

    BalasHapus
  22. tolong bantuanx pak untuk contoh PKPx secara lengkap...ini gmail saya pak jeniatiut@gmail.com

    BalasHapus
  23. gan bisa minta sambungan PKP yang lengkap gak??
    email :soeratno.82@gmail.com. trms byk

    BalasHapus
  24. siippp....
    kak azwan... minta sambungannya yang lengkap ya... thank....
    email: aremaniezz77@gmail.com

    BalasHapus
  25. gan...bisa minta file lengkapnya ngk..??
    email : zuhroh.zahra13@gmail.com

    BalasHapus
  26. Pak...... minta file yang lengkap dong.
    email : doge.chemot3@gmail.com

    BalasHapus
  27. Silahkan follow dl jd member ya.hub nomor diatas

    BalasHapus
  28. mohon contoh pkp nya kirimkan ke email saya terimakasih...n.yuliant82@gmail.com

    BalasHapus
  29. mohon kirimkan pkpnya gan...terimakasih (n.yuliant82@gmailcom)

    BalasHapus
  30. kak minta sambungannya y (rahmatulkhusni@gmail.com)

    BalasHapus
  31. minta sambungannya dong
    lembarkedai@gmail.com

    BalasHapus

Tinggalkan komentarnya dong...