Kamis, 19 Januari 2012

Hukum black out Internet

Jika Anda sempat mengakses situs Wikipedia, Rabu (18/1) kemarin, Anda akan menemukan sesuatu yang berbeda. Di beberapa detik awal, tampilan situs ini normal seperti biasa.
Namun, tak berapa lama tampilan situs ini tiba-tiba menghitam dengan tampilan huruf W besar dan kalimat pendek 'Bayangkan dunia tanpa pengetahuan gratis. Selama lebih satu dekade, kami menghabiskan jutaan jam membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Saat ini, Kongres Amerika Serikat tengah mempertimbangkan legislasi yang secara fatal bisa merusak internet yang terbuka dan gratis. Untuk meningkatkan kesadaran, kami akan mem-black out Wikipedia selama 24 jam.'
Wikipedia melakukan hal ini sebagai bentuk protes hukum anti pembajakan yang tengah digodok di AS yakni Stop Online Piracy Act (Sopa) dan Protect Intellectual Property Act (Pipa). Hukum ini memungkinkan Departemen Hukum AS dan pemilik konten mendapat surat pengadilan agar mesin pencari di internet mem-block hasil pencarian yang berkaitan dengan pembajakan.
Ini membuat beberapa mesin pencari di internet seperti Google, Yahoo, dan Bing tidak bisa menghubungkan pengguna dengan pencarian yang dianggap berhubungan dengan pembajakan."Para pendukung SOPA menandai kaum oposisi sebagai orang-orang yang ingin melegalkan pembajakan. Tapi bukan itu intinya," kata founder Wikipedia,  Jimmy Wales, Rabu (18/1).
"Intinya adalah Undang-undang ini begitu luas dan ditulis dengan cara yang buruk. Dan akan berdampak pada segala hal yang bahkan tak ada kaitannya dengan pembajakan."
Selain Wikipedia, situs lain yang ikut protes adalah Reddit dan blog ternama, Boing Boing. Sedangkan jejaring mikroblog, Twitter, menolak ikut dalam protes ini. "Menutup bisnis global sebagai reaksi satu masalah nasional politik adalah hal bodoh," ujar Chief Executive Twitter, Dick Costolo.
(Sumber: BBC, ABC News)National Geographic Indonesia

Baca pula:

0 komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan komentarnya dong...